Thursday, June 28, 2012

Membuat RPP Online Berbasis Moodle

Menggunakan LMS Moodle baynak sekali keuntungannya bagi guru salah satunya adalah sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan guru dalam mengarsipkan perangkat mengajar.  Dengan menggunakan aplikasi Learning Managemen Sistem (LMS), Guru dapat membuat Perangkat Mengajar /RPP Online, setidaknya permasalahan-permasalahan administrasi guru dapat diminimalisasi dan bahkan dapat dikembangkan.
Tampilan lengkap untuk satu Kompetensi Dasar yang sudah diupload di LMS Moodle ditampilkan seperti pada gambar 1.

pic01.jpg Gambar 1. RPP pada LMS Moodle

Pada gambar 1 saya coba kelompokkan isinya menjadi 5 bagian. Pengelompokkan dibuat berdasarkan fasilitas yang sudah disediakan aplikasi LMS Moodle. Berikut adalah keterangan untuk masing – masing konten yang disediakan.
Bagian 1:
Bagian 1 dibuat dengan menggunakan fasilitas Edit summary. Iconnya terletak pada bagian kanan atas area lesson.

pic02.jpg
Gambar 2. Icon Edit summary pada ruangbelajar.rumahsangguru.net

Bagian 2:
Bagian 2 dibuat dengan menggunakan fasilitas Insert a label yang terdapat pada menu Add a resource.
pic03.jpg


Bagian 3:
Bagian 3 adalah bagian materi, dapat disisipkan dengan menggunakan fasilitas menu Add resource seperti ditunjukkan pada gambar 3.
Bagian 4:
Bagian 4 adalah bagian tugas untuk siswa, dibuat dengan menu Assessment yang tersedia pada Add an activiy

pic04.jpg 

Bagian 5:
Bagian 5 adalah quiz yang diperuntukkan siswa. Penugasan dalam bentuk pertanyaan offline atau pun online, upload file, dan sebagainya terdapat pada sub menu Add a activity seperti ditunjukkan pada gambar 4.
Cara membuat ke lima bagian yang dibahas di atas akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Selamat mencoba

Sumber : Rumah Sang Guru

READ MORE

Mengarsipkan Administrasi Pembelajaran Dengan Moodle

Ada empat kesulitan yang banyak dialami Guru pada saat mengarsipkan administrasi pembelajaran:
  1. Managemen sumber belajar
  2. Rencana pengembangan
  3. Bank evaluasi
  4. Arsip perkembangan prestasi siswa
Moodle menjadi pilihan Guru untuk mengarsipkan materi bahan ajar pada mata pelajaran yang diampuh seperti tulisan Rumah Sang Guru berikut ini :

Managemen sumber belajar
Sebagai guru di era teknologi saat ini tentunya sumber belajar terus berkembang sesuai perkembangan teknologi. Akhirnya saya banyak mendownload e-book untuk dijadikan sumber referensi. Tapi masalahnya pada saat membutuhkan e-book yang sudah dikoleksi sejak setahun yang lalu, kebingungan mencari lokasi e-book di hardisk.
Dengan moodle e-book disimpan dalam sebuah server yang tersimpan di laptop. Sehingga cukup dengan mengkases aplikasi e-learning moodle arsip e-book yang tersimpan setahun lalu dapat ditemukan dengan mudah.

Rencana pengembangan
Salah satu administrasi guru yang harus disiapkan sebelum mengajar adalah membuat Rancangan Program Pembelajaran (RPP). Awalnya saya buat arsip RPP dalam bentuk hardcopy dan softcopy, namun kembali kesulitan yang saya hadapi. Arsip dalam bentuk softcopy sulit dicari didalam hardisk karena terlalu banyak file yang tersimpan sedangkan arsip hardcopy sulit untuk direfisi karena harus diketik ulang.
Dengan adanya aplikasi e-learning moodle saya dapat memindahkan isi RPP kedalam bentuk web yang dapat dikases secara online atau pun offline. Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), Tujuan Pembelajar, Indikator, Sumber Belajar, Penugasan Siswa, dan Evaluasi Siswa semuanya tersimpan dalam aplikasi e-learning yang dapat ditambah atau pun direfisi kapan saja.

Bank Evaluasi
Saat akan melaksanakan kegiatan ulangan, guru sibuk membuat instrumen evaluasi untuk mengukur ketercapaian kompetensi. Padahal jika ada arsip soal tahun yang sebelunya, kegiatan membuat instrumen dapat mengacu pada instrumen soal tahun sebelumnya. Tapi, apa boleh buat… arsip soal tahun lalu pun entah dimana nyimpanna, baik hardcopy atau pun softcopy.
Seperti diuraikan sebelumnya bahwa aplikasi e-learning moodle menyimpan bank soal dalam bentuk softcopy yang tersusun dengan rapih dan terstruktur. Sehingga guru tidak akan disibukkan dengan membuat soal baru, tapi sebaliknya guru dapat menambah atau merefisi soal sehingga menjadi meningkat kualitas soalnya.

Arsip perkembangan siswa
Karena siswa mengerjakan soal dan mengerjakan tugas secara online. Begitu pula dengan guru, melakukan evaluasi dan penilaian siswa secara online sehingga arsip nilai siswa disimpan dalam aplikasi e-learning moodle yang dapat kapan saja dilihat oleh siswa, orang tua siswa dan guru. Dan juga dapat dicetak atau diunduh kapan saja dan dimana saja selama ada koneksi internet.

Tertarik dengan Moodle?? Selamat mencoba..
READ MORE

Sunday, June 3, 2012

YANG BARU DI THEME MOODLE 2.2


 

Ada yang berbeda pada tata cara Penggantian Theme Moodle 2.2 ini.
Yah, pada halaman Theme Selector, biasanya kita menjumpai Tombol pilihan Use for Modern Browsers dan Use for Old browsers (baca Tulisan sebelumnya Mengganti Theme Moodle 2.2), maka pada Moodle 2.2 hanya ada pilihan Select Theme.
Jika Anda tidak teliti dalam memilihnya, maka Theme yang aktif sekarang seakan tidak bisa diganti :)
Berikut tahapan mengganti Theme Moodle 2.2 :
1. Loginlah sebagai Administrator dan Aktifkan Mode Edit pada menu Setting dengan mengeklik Turn Editing On.
2. Pada Site Administration, Pilihlah menu Appearance, Theme, Theme Setting.



3. Berilah ceklist pada pilihan berikut :



4.  Selanjutnya Pilihlah menu Theme Selector dan Pilihlah tombol Select Theme pada Pilihan Theme yang aktif sekarang (Default). Maka akan ditampilkan daftar Theme yang ada.
5. Klik tombol Use Theme pada Theme yang anda inginkan. Maka Theme yang anda pilih akan diaktifkan.
6. Langkah terakhir, Klik Tombol Continue
You’re Done! :)

Sumber : Amiroh
READ MORE

MENGAKTIFKAN DRAGMATH EQUATION EDITOR DI MOODLE 2.X


Dragmath Equation Editor adalah Sebuah plugin Moodle yang digunakan untuk mengetikkan simbol-simbol artimatika ke dalam halaman web kita di Moodle. Icon ini sangat berguna bagi Guru Matematika yang ingin menyisipkan Simbol-simbol Aritmatika pada Bahan Ajar / Kuis di Moodle.
Pada Moodle 2.x, plugin Dragmath ini secara Otomatis terinstall pada Moodle sehingga kita tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya, berbeda dengan Moodle versi sebelumnya (1.9x).
Jika anda sudah mengaktifkan Plugin ini, maka pada Text Editor Moodle anda akan muncul icon Equation seperti pada gambar berikut:
Syarat utama supaya Plugin Dragmath bisa berjalan dengan baik pada Moodle anda adalah Pada komputer anda harus terinstall Program Java. Kemudian aktifkan TeX notation dari Menu :
Site Administrator > Advance Feature > Plugins > Filters > Manage Filters.
(Jangan lupa untuk mengaktifkan Mode Edit dengan mengeklik Turn Editing On pada Menu Setting)
Maka akan tampil daftar Plugin yang ada. Untuk mengaktifkan icon Dragmath (Equation) pada Text Editor Moodle Anda, Pilihlah Plugin TeX notation dan aktifkan dengan memilih On pada Tombol drop down sebelah kanannya. Lihat gambar berikut :
Setelah itu, masuklah ke Text Editor Moodle, maka Icon Dragmath (Equation) sudah tampak di sana.
Selamat Mencoba ;)

Sumber : Amiroh
READ MORE

MENAMBAH USER PARTICIPANT PADA COURSE DI MOODLE 2.X


Tutorial ini merupakan kelanjutan dari tutorial saya sebelumnya MEMBUAT DAFTAR MATA PELAJARAN dan UPLOAD MULTI USER DI MOODLE. Jika anda telah membuat Course (Mata pelajaran) dan Mengupload user ke dalam Database Moodle, maka user yang sudah anda upload tidak secara otomatis akan menjadi user participant pada Course yang ada. Hak seorang Administrator untuk menentukan siapa akan masuk pada course apa… ;)
Untuk menentukan user participant pada course yang ada, ikuti langkah berikut :
1. Loginlah sebagai Administrator dan aktifkan mode edit dengan mengeklik Turn Editing On pada Menu Settings
2. Masuklah pada Mata Pelajaran (Course) dengan mengeklik Nama Course yang dimaksud.
3. Pada Menu Setting di bagian kiri, klik Users, Enrolled users. Maka akan ditampilkan User Participant yang sudah aktif pada course tersebut.




4. Klik tombol Enrol Users, untuk menambah user yang lain, maka akan ditampilkan Daftar user yang ada dan anda tinggal mengeklik tombol Enrol pada bagian kanan Nama User yang diinginka
n.


5. Jika sudah, klik tombol Finish Enrolling Users pada bagian bawah kotak dialog tersebut. Maka user yang dimaksud akan ditambahkan sebagai participant pada course yang tersebut.
6. Untuk mengubah Status (Hak akses/Role) user tersebut, Klik tanda Plus (+) pada Kolom Role pada user yang dimaksud. Maka akan tampil menu pilihan berikut :




Pilihlah Hak akses user yang diinginkan dengan mengeklik tombol Hak akses yang dimaksud. Jika anda ingin mengubah/menghilangkan Hak akses yang sudah ada, anda tinggal mengeklik tanda X pada Hak akses yang dimaksud.
Selamat mencoba… :-P

 Sumber : Amiroh
READ MORE

MEMBUAT BLOG DI MOODLE 2.X




Ketika Anda sudah menjadi user resmi pada aplikasi Moodle, maka Anda akan diberi fasilitas untuk membuat Blog pribadi yang mana melalui Blog tersebut, Anda bisa memuat Artikel/Berita sebagai mana Blog pada umumnya.
Secara Default, setiap user yang online bisa melihat blog user yang lain, Namun apabila Anda tidak ingin user lain melihat Isi blog anda, anda bisa mengaturnya pada pilihan Public to : Yourself (draft).
Berikut ini cara posting pada Blog Anda di Moodle 2.0 :
1. Loginlah ke Account anda di Moodle dan pilih menu Add New Entry pada Menu NAVIGATION berikut:



2. Berilah isian pada tampilan berikut :


Pada pilihan :
Entry Title : Ketikkan judul Artikel
Blog Entry Body : Ketikkan isi Artikel
Attachment : Klik tombol Add, jika Anda akan melampirkan file lain.
Publish to : Beri pilihan pada Any one on this site atau Yourself (Draft)
Tag Official tags : Isikan kata kunci untuk artikel Anda.
Other tags (enter tags separated by commas) : Isikan kata kunci yang lain, jika lebig dari satu pisahkan dengan comma.
3. Lihatlah hasilnya sebagai berikut :



Untuk melihat Blog dari user lain, Klik menu Participants dan pilihlah Nama user yang blognya ingin dibaca. Selanjutnya Klik pada Tab Blog untuk melihat Isi Blognya.
Anda juga bisa melihat Isi Blog yang lain dengan menggunakan Tag (kata kunci) yang sama.
Sangat mudah ya..silahkan dicoba.

Sumber : Amiroh
READ MORE

MENGUPLOAD MULTI USER DI MOODLE


 

Well..well..well..Bagian ini adalah bagian yang paling lama uji cobanya. Bagaimana tidak, selain mengalami banyak kendala di Localhost saya, saya juga harus berkutat dengan rumus-rumus Excel untuk mempermudah pembuatan username, password dan email dari sekian banyak user yang akan saya upload.
Yah, Seperti biasa, pada setiap tutorial yang saya buat, sebelum tutorial ini saya publish, saya harus mempraktekkannya terlebih dahulu. Jadi saya bisa memastikan Anda tidak mengalami kendala ketika mencoba mempraktekkan tutorial ini..(Ciee..Guaya!) Tapi itulah kenyataannya…ting!  ;)
Daaannn…setelah mengalami trial and error, akhirnya kelar juga. Sekarang tinggal mengurainya.. mudah-mudahan bisa clear dan tidak hang, mengingat otak dan pikiran saya sekarang sudah agak panas..hi..hii..
Begini……………Ah, jadi bingung mulai dari mana..Ehmm, kayaknya saya harus jelaskan terlebih dahulu tentang STRUKTUR file yang menyusun data-data user yang akan anda upload. Berikut STRUKTUR file yang berisi Field-field (Kolom) data user anda :

Field Name Fields
Required (Wajib ada) username firstname email
password lastname
Default (Sunnah/diisi lebih baik, jika tidak juga nggak apa2) institution country auth
department lang timezone
city

Optional (Mubah/boleh diisi-boleh tidak) idnumber icq phone1
phone2 address url
description mailformat maildisplay
htmleditor autosubscribe course1…5
group1…5 type1…5 role1…5

Jadi, data-data yang wajib anda isikan pada file tersebut adalah firstname, lastname, password, username, dan e-mail (Ingat urut-urutannya, tidak boleh dibolak-balik loh ya..harus tertib alias terurut, seperti ketika Anda berwudlu..he..he).
Nah, daftar nama-nama user tersebut harus anda simpan dalam format CSV(Comma Delimited).  Apa itu CSV? Kayaknya anda harus tanya Mbah Google deh.. saya hanya akan menjelaskan BAGAIMANA CARA MEMBUATNYA???
Jadi, tidak usah bingung..Saya siap membantu anda membuatnya sampai bisa, tapi dengan syarat anda harus sabar dan membaca tutorial ini tahap demi tahap, tidak boleh ada yang terlewati!!!!
Well, kayaknya saya harus membagi bagian ini menjadi 2 bagian supaya tutorial ini tidak terlalu panjang.
1. Membuat File CSV dari Ms Excel ( termasuk trik membuat username, password dan email secara cepat)
2. Mengupload file CSV tersebut ke database Moodle
Pada halaman ini saya akan menjelaskan no.2. Jadi pastikan Anda sudah khatam di bagian no.1 dulu ya…
Cara Upload file CSV yang sudah berisi data-data user.
1. Loginlah sebagai Administrator dan Aktifkan Mode edit dengan mengeklik “Turn Editing On
2. Pada Site Administration, pilih menu Users ->Account -> Upload Users. Maka akan muncul kotak dialog berikut :



Pada pilihan :
Choose a file : Pilihlah nama file CSV yang sudah Anda buat
CSV Delimiter : Biarkan saja dengan defaultnya
Encoding : UTF-8
Preview rows : 10
3. Selanjutnya klik Upload users, maka akan ditampilkan jendela Upload users preview, jika masih ada yang salah dalam penulisan datanya, Anda bisa mengeditnya lagi  dan ulangi langkah diatas, atau jika salahnya hanya 1 atau 2 data saja, bisa anda edit belakangan.


4. Jika sudah, klik Upload users pada bagian bawah.
Catatan : Jika masih terdapat kesalahan pada email, maka biarkan saja, sebab nantinya bisa anda edit lagi ketika anda sudah login menggunakan username dan password yang sesuai dengan data yang ada.
5. Klik Continue.
Selanjutnya, logout-lah dan loginlah kembali menggunakan salah satu user yang baru saja anda upload, misalnya saya login menggunakan agus.suli, maka akan tampil jendela Change Password berikut :



Gantilah password lama (changeme) dengan password baru sesuai dengan persyaratan pembuatan password :
The password must have at least 8 characters, at least 1 digit(s), at least 1 lower case letter(s), at least 1 upper case letter(s), at least 1 non-alphanumeric character(s)
Contohnya : Agus!23456 (terdiri atas lebih dari 8 huruf, 1 huruf Besar (minimal),1 huruf kecil (minimal), dan karakter khusus “!”
Jika sudah, klik save changes. Jika masih kurang jelas, Anda bisa simak Video Upload user Moodle ini.

Sumber : Amiroh
READ MORE

MEMBUAT FILE CSV DARI MS EXCEL UNTUK UPLOAD USER KE MOODLE




Yah, inilah resiko seorang Administrator. Sudah disuruh mendesain dan membuat E-Learning untuk sekolah, membuat daftar kelas, jurusan, mata pelajaran, masih juga disuruh memasukan daftar guru dan murid satu sekolah. Hmm..capek deh!
Eitt..tunggu dulu, jangan mengeluh…seorang Admin harus punya keinginan untuk terus belajar dan belajar, termasuk belajar bersabaaaaarrr..
Kali ini saya akan berbagi cara meng-upload data guru/siswa yang begitu banyak hanya dengan sekali klik saja…Bener??
Yups! Caranya adalah dengan menkonversikan file data siswa/guru yang sudah anda punya tersebut ke dalam format CSV. Format file CSV adalah format file standard yang banyak digunakan untuk mengupload data ke dalam database yang sudah kita punya. Sehingga kita tidak perlu input data satu per satu.
Sebenarnya banyak cara untuk membuat file CSV ini, anda bisa membuatnya melalui program pengolah kata Notepad, Ms Excel atau program yang lain. Akan tetapi kali ini kita akan membuat file CSV tersebut dari MS Excel, karena akan memudahkan kita dalam menggunakan rumus-rumus tertentu.
Pertama anda harus mengetahui field-field (kolom) apa saja yang ada pada tabel database anda. Selanjutnya sesuaikan dengan field-field yang ada di Lembar kerja Ms Excel anda. Untuk mengetahui field-field yang ada pada database user moodle anda, anda bisa membaca Meng-upload Multi user dalam Moodle.
Jika sudah paham, Selanjutnya, ikuti tahapan berikut ini:
1. Bukalah Ms Excel dan Buatlah 2 buah lembar kosong. 1 lembar (A) untuk mengolah data, dan 1 lembar (B) untuk hasil akhir yang akan kita upload.
2. Isikan pada baris pertama pada lembar B dengan :
Pada Sel (A1) : firstname, (B1) : lastname, (C1) : password, (D1) : username, (E1) : email
Bukalah lembar A dan lakukan tahapan berikut :
3. Copylah data Nama guru/siswa yang sudah anda punyai ke dalam lembar A tersebut pada Sel A1 (Misalnya).
4. Selanjutnya adalah kita olah data guru/siswa tersebut untuk mendapatkan firstname (nama depan) dan lastname (nama belakang) dari Nama yang baru saja Anda copy ke sel A1.
Nama biasanya terdiri atas 2 kata atau lebih. Misalnya “Agus Suliswanto“, maka kita pisahkan 2 kata tersebut untuk mendapatkan Firstname (nama depan) dan Lastname (Nama Belakang). Caranya :
- Letakkan kursor pada sel B1 dan ketikkan rumus berikut untuk mendapatkan Firstname (Nama Depan):
=LEFT(A1,FIND(” “,A1)-1)
Jika sudah, copylah rumus tersebut dengan menarik Fill handle sampai akhir baris data.
Catatan : Untuk nama yang terdiri atas 1 kata saja, anda harus menuliskan Nama depan dan Nama belakang secara manual.
- Letakkan kursor pada Sel C1 dan ketikkan rumus berikut untuk memperoleh Lastname (Nama Belakang)
=RIGHT(A1,LEN(A1)-FIND(” “,A1))
5. Sekarang saatnya kita buat password dari data yang sudah ada. Untuk sementara isikan kolom password dengan teks “changeme” pada semua baris data. Ini gunanya agar user bisa menentukan sendiri password yang akan digunakannya kemudian. Jadi untuk login pertama, user menggunakan password “changeme“.
6. Selanjutnya kita buat username dari data yang ada. Cara cepat untuk membuat username adalah dengan kombinasi Nama depan dan nama belakang dan dipisahkan dengan titik, seperti :
agus.suliswanto
Karena nama versi indonesia terkadang ada yang terdiri atas lebih dari 2 kata, maka untuk mempermudah saya akan membuat username yang saya ambil dari 4 huruf nama depan dan 4 huruf nama belakang yang dipisahkan dengan tanda titik (.), seperti nama “agus.suliswanto” menjadi “agus.suli“. Sehingga rumusnya adalah sebagai berikut : (ketikkan di Sel D1)
=LOWER(LEFT(B1,4) & “.” & LEFT(C1,4))
Catatan : Fungsi lower digunakan untuk mengubah huruf besar menjadi kecil.
7. Tahap selanjutnya adalah membuat email dari data yang ada secara cepat. Kita buat aja format emailnya, misalnya username@smkn3-jbg.sch.id. Maka ketikkan di Sel E1 rumus berikut :
=D2 & “@smkn3-jbg.sch.id”
Jika sudah selesai semua, copy-lah masing-masing data pada setiap kolom ke Lembar B (sesuai dengan masing-masing fieldnya). Jangan lupa gunakan Paste Special->Values supaya hanya datanya saja yang disalin (bukan rumusnya).
Jika sudah, maka hasilnya kira-kira seperti ini:

Lembar B


Lembar A


8. Sekarang simpanlah Lembar B ke dalam Format CSV dengan menekan Ctrl + S, Maka akan muncul kotak dialog berikut :


Pada kotak :
File Name : ketikkan nama filenya
Save As Type : CSV (Comma Delimited *.csv)
Dan Klik Save
Maka sebuah file dengan format CSV yang berisi data user yang akan diupload ke Moodle sudah siap.
Sekarang Uploadlah file tersebut, baca panduannya di Mengupload Multi User di Moodle.

Sumber : Amiroh
READ MORE

MENGGANTI THEME MOODLE 2.X

 

Ketika kita selesai menginstal Moodle, biasanya theme yang terpasang adalah theme default Moodle, yaitu standard theme. Akan tetapi bisa mengganti theme default tersebut dengan theme lain yang sudah disediakan oleh Moodle, atau dengan theme yang sudah kita pilih sendiri (biasanya dari hasil download). Adapun cara mengganti theme dalam Moodle adalah :
1. Loginlah sebagai Administrator dan Aktifkan Mode Edit pada menu Setting dengan mengeklik Turn Editing On.
2. Pada Site Administration, Pilihlah menu Appearance, Theme, Theme Setting.

3. Berilah ceklist pada pilihan berikut :

4.  Selanjutnya Pilihlah menu Theme Selector dan Pilihlah jenis theme yang Anda sukai dan kliklah tombol Use for modern browsers

5. Maka theme pilihan anda akan diaktifkan.
Sedangkan jika Anda ingin mengganti theme dengan theme lain yang sudah anda download sebelumnya. Maka ikuti langkah berikut :
1. Extract-lah file theme yang sudah anda download dan upload-lah ke folder di mana letak theme berada, seperti berikut :

Anda bisa meng-upload theme Anda melalui FTP atau melalui File Manager pada Cpanel Anda. Tetapi saya sarankan melalui FTP saja, sebab lebih mudah..he..he
2. Selanjutnya lakukan langkah no.1 s/d no.5 di atas dan lihat hasilnya.

Sumber : Amiroh
READ MORE

Saturday, June 2, 2012

MEMBANGUN ELEARNING MOODLE DENGAN DOMAIN/HOSTING GRATIS DARI mdl2.com

 
Moodle adalah salah satu Learning menagement system yang paling populer saat ini. Hampir setiap sekolah atau perguruan tinggi, yang memanfaatkan E-Learning sebagai Media pembelajaran/perkuliahan, menggunakan sistem Moodle ini.
Kelebihan yang ditawarkan oleh Moodle, seperti mengatur dan mengelola hak akses user (siswa/guru), membuat dan mengelola Courses (mata pelajaran), mengatur dan mengelola Bahan ajar (resource), mengatur dan mengelola Aktivitas (Activity), mengatur dan mengelola Nilai (Grades), menampilkan nilai (score) dan transkrip, sampai membuat sertifikat ketuntasan untuk siswa, membuat semua sekolah, bahkan guru berlomba-lomba membangun sistem ini di sekolahnya, baik yang langsung terhubung ke Jaringan Internet, maupun yang berbasis Intranet (LAN).
Meski begitu, banyak pula sekolah/guru yang belum dan ingin mencicipi sistem ini menjadi terkendala, yang kebanyakan disebabkan oleh kerumitan dalam hal instalasinya.
Berpulang pada istilah bahwa “Teknologi diciptakan untuk memudahkan”…maka semua kendala yang kerap ditemui yang berkaitan dengan teknologi, termasuk dalam instalasi moodle, sekarang bisa kita abaikan/lewati.
Mdl2.com, adalah sebuah situs yang menyediakan Situs berbasis LMS Moodle versi 2.x secara gratis. Jadi kita hanya perlu mengetikkan nama situs yang kita inginkan dan alamat email, selanjutnya anda akan dibangunkan sebuah sekolah elektronik (e-Learning) berbasis Moodle yang dilengkapi dengan hak istimewa sebagai Administrator.
E-Learning yang anda bangun melalui sistem ini mempunyai fitur yang sama persis bahkan lebih powerful dari pada sistem Moodle yang anda bangun sendiri baik secara manual maupun secara instant melalui cpanel/softacolous.
Karena anda diberi hak akses sebagai administrator, maka anda bisa melakukan apapun, sesuai dengan permission yang dimiliki oleh seorang Administrator.
Hal lain yang menyenangkan adalah, kalau biasanya untuk menggunakan beberapa module/plugin kita harus menginstal terlebih dahulu, maka pada E-learning Moodle yang anda bangun melalui mdl2.com, beberapa module / plugin sudah siap dan langsung bisa anda manfaatkan, seperti module certificate, attendance, real time quiz dan seterusnya.
Kelebihan lain adalah, akses situs yang cepat, bahkan lebih cepat jika dibandingkan dengan E-learning Moodle yang anda bangun secara manual. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa situs yang dibangun menggunakan sistem ini cenderung sangat lambat aksesnya.
Jadi jika sekolah/anda ingin memanfaatkan E-Learning mengunakan sistem Moodle, akan tetapi belum mempunyai domain/hosting. Atau jika anda sudah mempunyai hosting tetapi masih ada kendala pada instalasinya, maka anda bisa membangun E-learning Moodle melalui situs ini yang menyediakan Server/hosting gratis untuk menyimpan E-Learning sekolah/anda. Selanjutnya anda tinggal menambahkan hyperlink yang menuju ke URL yang telah anda dapatkan dari mdl2.com ini atau me-redirect domain anda ke URL ini .
Karena saya yakin anda tertarik, maka silahkan ikuti jejak langkah saya berikut untuk memulai membangun E-Learning Moodle dalam sekejap.
1. Bukalah browser anda dan ketikkan pada Address bar URL http://www.mdl2.com/

2. Maka halaman mdl2.com akan ditampilkan dan isilah formulir berikut :
Pada Site name : isilah dengan nama domain e-learning anda, misalnya elearningsman2mlg, atau nama anda, paksule, misalnya.
E-Mail : isilah dengan nama e-mail anda (untuk konfirmasi username dan password administrator)
Security code : isilah dengan kode yang tampil di atasnya.
3. Selanjutnya klik Activate your site, dan tunggu sebentar sampai anda mendapatkan email konfirmasi username dan password serta URL Elearning anda.
4. Bukalah email anda, dan buka email yang anda dapat dari mdl2.com. Pada email tersebut anda akan diberi username dan password.
5.  Klik URL E-learning yang ada pada email tersebut. URL itulah yang akan membawa anda menuju e-learning moodle yang sudah siap anda gunakan. URL yang anda dapatkan berupa nama situs anda dan diakhiri dengan .mdl2.com
6. Loginlah menggunakan username dan password yang sudah anda dapatkan.
Daaaan…saatnya mengatur dan mengisi e-learning moodle dengan materi pelajaran atau kuis atau lainnya sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut contoh E-Learning Moodle yang saya buat melalui mdl2.com.





Sumber : Amiroh
READ MORE

MEMPERSIAPKAN BAHAN AJAR DI MOODLE DENGAN eXeLEARNING

eXeLearning adalah sebuah aplikasi gratis (open source) yang bisa kita gunakan untuk menyusun bahan ajar dalam bentuk web. Dari aplikasi eXeLearning bisa mengexport content yang dibuat menjadi paket konten IMS, SCROM1.2, dan tentu saja Web Site.
Dalam mempersiapkan materi atau bahan ajar di E-Learning atau Learning Manajemen System misalnya Moodle kita tentu harus terhubung ke sistem tersebut untuk bisa menambahkan konten di dalamnya, tentunya itu tidak menjadi masalah ketika kita sudah terhubung dengan server e-learning tersebut. Tetapi banyak dari kita yang mempunyai waktu kosong di rumah dan belum mempunyai koneksi internet ke server e-learning atau Learning Management System (LMS), maka sulosinya adalah menggunakan eXeLearning untuk mempersiapkan materi tersebut secara offline, kemudian setelah materi siap, kita tinggal export dari eXeLearning ke dalam bentuk SCROM1.2 yang kemudian bisa kita import ke dalam mata pelajaran kita di Moodle.

Dengan kemudahan tersebut maka di sini saya coba kenalkan sedikit aplikasi eXeLearning tersebut.
Sekali lagi aplikasi ini bisa di download gratis di
http://exelearning.org/
Berikut ini tampilan dari website tersebut

 
screenshots selanjutnya bisa di lihat di sini
Setelah proses download dan install maka kita bisa langsung menjalankannya, kemudian untuk memulai membuat materi atau bahan ajar tentunya kita membuatnya perhalaman.
Contoh susunan halaman atau page di materi yang kita buat








Kita bisa menyusun halaman – halaman materi yang kita siapkan kurang lebih seperti gambar tersebut.
Bentuk halaman / isi dari bahan ajar yang kita buat bisa dalam berbagai bentuk, misalnya text bebas, galeri gambar, soal / tes , wiki dan sebagainya yang semua tersedia di kolom sebelah kiri bawah dari tampilan eXelearning.




Pada halaman sebelah kanan di sana kita bisa menambahkan teks, gambar dan sebagainya menggunakan menu editor sederhana seperti pada gambar ini :




Kemudian salah satu proses ketika kita akan memasukkan gambar atau animasi yang lain bisa kita lakukan dengan menggunakan menu di bagian atas dan akan tampil windows untuk memilih gambar yang sudah kita siapkan.




Setelah materi atau bahan ajar sudah selesai kita siapkan kita bisa langsung melihat preview dari materi yang kita buat, salah satunya dengan cara di export ke dalam bentuk – bentuk yang sudah di sediakan,




Karena kita akan mempersiapkan materi ini mengisi konten di LMS maka kita meng-exportnya ke dalam bentuk SCROM1.2, dan hasilnya dalam bentuk .zip kemudian file hasil export tersebut bisa kita import di LMS yang kita gunakan sebagai import SCROM1.2.
Materi yang kita siapkan tadi bisa langsung masuk ke LMS tanpa harus mempersiapkannya secara online ….

Jadi Kesimpulannya :
Kita mempersiapkan materi pembelajaran / modul dengan eXe, ternyata proses untuk integrasinya dengan moodle juga cukup mudah. Langkahnya adalah :
  • Export dulu materi yang telah dibuat dengan menggunakan pilihan IMS content package. 
  • Kemudian pada moodle, sisipkan pada add resource dengan pilihan IMS content package juga.

Selamat bereksperimen..

Sumber :Yudi Prayudi dan  Maryanto
READ MORE