Saturday, June 2, 2012

MEMPERSIAPKAN BAHAN AJAR DI MOODLE DENGAN eXeLEARNING

eXeLearning adalah sebuah aplikasi gratis (open source) yang bisa kita gunakan untuk menyusun bahan ajar dalam bentuk web. Dari aplikasi eXeLearning bisa mengexport content yang dibuat menjadi paket konten IMS, SCROM1.2, dan tentu saja Web Site.
Dalam mempersiapkan materi atau bahan ajar di E-Learning atau Learning Manajemen System misalnya Moodle kita tentu harus terhubung ke sistem tersebut untuk bisa menambahkan konten di dalamnya, tentunya itu tidak menjadi masalah ketika kita sudah terhubung dengan server e-learning tersebut. Tetapi banyak dari kita yang mempunyai waktu kosong di rumah dan belum mempunyai koneksi internet ke server e-learning atau Learning Management System (LMS), maka sulosinya adalah menggunakan eXeLearning untuk mempersiapkan materi tersebut secara offline, kemudian setelah materi siap, kita tinggal export dari eXeLearning ke dalam bentuk SCROM1.2 yang kemudian bisa kita import ke dalam mata pelajaran kita di Moodle.

Dengan kemudahan tersebut maka di sini saya coba kenalkan sedikit aplikasi eXeLearning tersebut.
Sekali lagi aplikasi ini bisa di download gratis di
http://exelearning.org/
Berikut ini tampilan dari website tersebut

 
screenshots selanjutnya bisa di lihat di sini
Setelah proses download dan install maka kita bisa langsung menjalankannya, kemudian untuk memulai membuat materi atau bahan ajar tentunya kita membuatnya perhalaman.
Contoh susunan halaman atau page di materi yang kita buat








Kita bisa menyusun halaman – halaman materi yang kita siapkan kurang lebih seperti gambar tersebut.
Bentuk halaman / isi dari bahan ajar yang kita buat bisa dalam berbagai bentuk, misalnya text bebas, galeri gambar, soal / tes , wiki dan sebagainya yang semua tersedia di kolom sebelah kiri bawah dari tampilan eXelearning.




Pada halaman sebelah kanan di sana kita bisa menambahkan teks, gambar dan sebagainya menggunakan menu editor sederhana seperti pada gambar ini :




Kemudian salah satu proses ketika kita akan memasukkan gambar atau animasi yang lain bisa kita lakukan dengan menggunakan menu di bagian atas dan akan tampil windows untuk memilih gambar yang sudah kita siapkan.




Setelah materi atau bahan ajar sudah selesai kita siapkan kita bisa langsung melihat preview dari materi yang kita buat, salah satunya dengan cara di export ke dalam bentuk – bentuk yang sudah di sediakan,




Karena kita akan mempersiapkan materi ini mengisi konten di LMS maka kita meng-exportnya ke dalam bentuk SCROM1.2, dan hasilnya dalam bentuk .zip kemudian file hasil export tersebut bisa kita import di LMS yang kita gunakan sebagai import SCROM1.2.
Materi yang kita siapkan tadi bisa langsung masuk ke LMS tanpa harus mempersiapkannya secara online ….

Jadi Kesimpulannya :
Kita mempersiapkan materi pembelajaran / modul dengan eXe, ternyata proses untuk integrasinya dengan moodle juga cukup mudah. Langkahnya adalah :
  • Export dulu materi yang telah dibuat dengan menggunakan pilihan IMS content package. 
  • Kemudian pada moodle, sisipkan pada add resource dengan pilihan IMS content package juga.

Selamat bereksperimen..

Sumber :Yudi Prayudi dan  Maryanto

No comments:

Post a Comment