Sunday, June 3, 2012

MENGUPLOAD MULTI USER DI MOODLE


 

Well..well..well..Bagian ini adalah bagian yang paling lama uji cobanya. Bagaimana tidak, selain mengalami banyak kendala di Localhost saya, saya juga harus berkutat dengan rumus-rumus Excel untuk mempermudah pembuatan username, password dan email dari sekian banyak user yang akan saya upload.
Yah, Seperti biasa, pada setiap tutorial yang saya buat, sebelum tutorial ini saya publish, saya harus mempraktekkannya terlebih dahulu. Jadi saya bisa memastikan Anda tidak mengalami kendala ketika mencoba mempraktekkan tutorial ini..(Ciee..Guaya!) Tapi itulah kenyataannya…ting!  ;)
Daaannn…setelah mengalami trial and error, akhirnya kelar juga. Sekarang tinggal mengurainya.. mudah-mudahan bisa clear dan tidak hang, mengingat otak dan pikiran saya sekarang sudah agak panas..hi..hii..
Begini……………Ah, jadi bingung mulai dari mana..Ehmm, kayaknya saya harus jelaskan terlebih dahulu tentang STRUKTUR file yang menyusun data-data user yang akan anda upload. Berikut STRUKTUR file yang berisi Field-field (Kolom) data user anda :

Field Name Fields
Required (Wajib ada) username firstname email
password lastname
Default (Sunnah/diisi lebih baik, jika tidak juga nggak apa2) institution country auth
department lang timezone
city

Optional (Mubah/boleh diisi-boleh tidak) idnumber icq phone1
phone2 address url
description mailformat maildisplay
htmleditor autosubscribe course1…5
group1…5 type1…5 role1…5

Jadi, data-data yang wajib anda isikan pada file tersebut adalah firstname, lastname, password, username, dan e-mail (Ingat urut-urutannya, tidak boleh dibolak-balik loh ya..harus tertib alias terurut, seperti ketika Anda berwudlu..he..he).
Nah, daftar nama-nama user tersebut harus anda simpan dalam format CSV(Comma Delimited).  Apa itu CSV? Kayaknya anda harus tanya Mbah Google deh.. saya hanya akan menjelaskan BAGAIMANA CARA MEMBUATNYA???
Jadi, tidak usah bingung..Saya siap membantu anda membuatnya sampai bisa, tapi dengan syarat anda harus sabar dan membaca tutorial ini tahap demi tahap, tidak boleh ada yang terlewati!!!!
Well, kayaknya saya harus membagi bagian ini menjadi 2 bagian supaya tutorial ini tidak terlalu panjang.
1. Membuat File CSV dari Ms Excel ( termasuk trik membuat username, password dan email secara cepat)
2. Mengupload file CSV tersebut ke database Moodle
Pada halaman ini saya akan menjelaskan no.2. Jadi pastikan Anda sudah khatam di bagian no.1 dulu ya…
Cara Upload file CSV yang sudah berisi data-data user.
1. Loginlah sebagai Administrator dan Aktifkan Mode edit dengan mengeklik “Turn Editing On
2. Pada Site Administration, pilih menu Users ->Account -> Upload Users. Maka akan muncul kotak dialog berikut :



Pada pilihan :
Choose a file : Pilihlah nama file CSV yang sudah Anda buat
CSV Delimiter : Biarkan saja dengan defaultnya
Encoding : UTF-8
Preview rows : 10
3. Selanjutnya klik Upload users, maka akan ditampilkan jendela Upload users preview, jika masih ada yang salah dalam penulisan datanya, Anda bisa mengeditnya lagi  dan ulangi langkah diatas, atau jika salahnya hanya 1 atau 2 data saja, bisa anda edit belakangan.


4. Jika sudah, klik Upload users pada bagian bawah.
Catatan : Jika masih terdapat kesalahan pada email, maka biarkan saja, sebab nantinya bisa anda edit lagi ketika anda sudah login menggunakan username dan password yang sesuai dengan data yang ada.
5. Klik Continue.
Selanjutnya, logout-lah dan loginlah kembali menggunakan salah satu user yang baru saja anda upload, misalnya saya login menggunakan agus.suli, maka akan tampil jendela Change Password berikut :



Gantilah password lama (changeme) dengan password baru sesuai dengan persyaratan pembuatan password :
The password must have at least 8 characters, at least 1 digit(s), at least 1 lower case letter(s), at least 1 upper case letter(s), at least 1 non-alphanumeric character(s)
Contohnya : Agus!23456 (terdiri atas lebih dari 8 huruf, 1 huruf Besar (minimal),1 huruf kecil (minimal), dan karakter khusus “!”
Jika sudah, klik save changes. Jika masih kurang jelas, Anda bisa simak Video Upload user Moodle ini.

Sumber : Amiroh

No comments:

Post a Comment