Saturday, May 19, 2012

MENAMBAHKAN CHATTING DALAM MOODLE


Prinsip dasar E-learning adalah Penyajian materi pembelajaran secara online melalui internet, namun tidak menutup kemungkinan materi disajikan melalui intranet, apabila sekolah belum mendukung fasilitas internet. Materi pembelajaran yang disajikan secara Online melalui internet memungkinkan setiap siswa/mahasiswa mengikuti pembelajaran/perkulihan dari jarak jauh, kapanpun dan di manapun mereka berada. Mereka bisa mengakses materi perkuliahan, mengerjakan quiz, berdiskusi, mengelola blog dan lain-lain. Selain itu dosen/guru juga berkesempatan untuk berkomunikasi secara langsung dengan mahasiswa/siswanya melalui fasilitas Chatting, sehingga tidak mengurangi kualitas pertemuan antara dosen dengan mahasiswanya.
Pada Moodle 2.0 fasilitas chatting dapat Anda tambahkan dengan cara :
1. Aktifkan dulu mode edit dengan menekan tombol Turn Editing On, tentu saja setelah anda login sebagai Administrator.
2. Klik Chat pada menu Add Activity

Maka akan tampil isian berikut:

Pada isian :
Name of this chat room : Ketikkan Judul Chat
Introduction chat : Ketikkan deskripsi dari chat
Next chat time : Biarkan saja, otomatis akan terisi dengan tanggal sekarang
Pada isian berikutnya, biarkan sesuai dengan defaultnya.
3. Jika semua sudah terisi, Klik Save and Display.
Maka akan terlihat Menu Live Chat yang baru saja anda buat. Untuk memulai chatting klik saja Judul Chat, dalam hal ini “Live Chat” dan klik “Click here to enter the chat now”.

Maka ditampilkan window baru Chat Live berikut :

User yang Online pada saat itu akan tampak pada Frame kanan.
Untuk menuliskan pesan, ketikkan teksnya pada kotak teks yang ada dibagian bawah dan klik Send atau tekan Enter.
Silahkan dicoba…

Sumber : Amiroh

1 comment:

  1. selama Siang Ibu... saya adalah salah satu pengelola elearning di tempat saya bekerja yaitu di Pusdiklat ..kami rencananya akan melaksanakan ujian secara online dengan menggunakan fitur pada LMS Moodle yaitu assigment dan untuk berkomunikasi akan menggunakan fitur chating. Kami sudah melakukan uji coba dengan menggunakan fitur chatting dengan peserta sebanyak 45 orang.... namun dalam perjalanan chating tidak bisa digunakan dan muncul pesan databse eror... pertanyaan kami apa yang menyebabkan konidis ini terjadi? apakah ada kondisi yang harus diubah untuk dapat melakukan chatting dengan jumlah peserta sebanyak itu?... Terima kasih
    (ANdre T)

    ReplyDelete