Thursday, May 17, 2012

MOODLE APLIKASI LMS BERBASIS WEB



Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) merupakan salah satu aplikasi LMS (Learning Management System) berbasiskan web yang paling populer dan banyak dipakai untuk membangun aplikasi e-learning. Moodle merupakan software open-source jadi disediakan secara bebas, dapat diinstall dan dikembangkan dengan gratis.
Moodle menyediakan beragam fitur yang dapat dikostumisasi. Fitur-fitur umum yang disediakan oleh moodle antara lain:
1. User Management (Manajemen Pengguna)

Dengan moodle kita dapat menambah, mengedit, dan menghapus user. User dapat ditambahkan dengan menginputkan satu-satu maupun dengan mengupload sebuah file berisikan data user. User terdaftar dapat di-assign sebagai administrator, course creator, teacher, dan student. Masing-masing role tersebut dapat diatur atau didefinisikan lebih detail lagi hak-hak aksesnya terhadap aplikasi-aplikasi moodle. Kita pun dapat menambahkan user role baru sesuai kebutuhan.

2. Course Management (Manajemen Pelatihan/Mata Pelajaran)
User dapat mengelola pelatihan dengan menambah pelatihan baru, mengedit dan menghapus pelatihan yang sudah ada. User pun dapat mengisi pelatihan dengan aktivitas-aktivitas pelatihan seperti quiz (pretest, posttest), survey, forum, materi pelatihan dengan beragam model (contoh text dan interaktif multimedia file flash), sertifikat, feedback, Wiki, dan lain-lain. Kita dapat menambahkan aktivitas baru yang kita buat sendiri.
Beberapa course/pelatihan dapat dikategorisasikan/dikelompokkan sesuai keinginan. Setiap course dapat dikunci, dibatasi dengan ditentukan user student mana saja yang bisa mengikuti pelatihan. Setiap course juga dapat dihidden dan dinon-aktifkan.
Laporan pengaksesan sebuah course dapat ditampilkan. Laporan hasil nilai quiz juga tersedia.

3.    Language Setting (Pengaturan Tampilan Bahasa)
Secara default, bahasa tampilan yang dipergunakan adalah bahasa Inggris. Namun kita dapat merubah tampilan berbahasakan Indonesia dengan mengaktifkannya pada menu language packs.

4.    Modules Management (Manajemen Modul)
Modul atau plugin merupakan komponen tambahan pada suatu aplikasi. Moodle menyediakan banyak modul/plugin yang dapat dikostumisasi. Modul-modul itu antara lain modul untuk aktivitas-aktivitas pelatihan, modul blok untuk tampilan, dan modul penyaring konten. Kita dapat menggunakan modul yang secara default telah tersedia maupun dapat menambahkan plugin baru yang telah dikembangkan oleh user lain dan tersedia secara gratis diweb moodle. Kita pun dapat membuat dan mengembangkan plugin sendiri sesuai kebutuhan aplikasi.

5.    Manajemen Keamanan Aplikasi
Moodle menyediakan beberapa keamanan aplikasi seperti site policies (kebijakan situs), HTTP security (login dengan menggunakan protocol https), keamanan modul, dan anti virus. Aplikasi keamanan dapat diaktifkan dan dinon-aktifkan sesuai keperluan.

6.    Appearance Setting (Pengaturan Tampilan)
Tampilan web moodle dapat diatur sedemikian rupa pada menu yang disediakan. Theme (tema) tampilan dapat diubah dan dapat dibuat sesuai keinginan, moodle menyediakan thread khusus tentang cara membuat tema moodle. Beragam tema gratis pun telah tersedia diweb moodle maupun web lainnya, tinggal mengunduh dan mengimport keaplikasi kita.

7.    Server Setting (Pengaturan Server)
Kebutuhan sistem untuk aplikasi dapat diatur melalui aplikasi, seperti konektivitas dengan server aplikasi email (SMTP server), session aplikasi, statistik pengaksesan situs, performansi server, upload and download file, serta php info.

8.    Developer Documentation
Web resmi moodle menyediakan dokumentasi bagi developer untuk memudahkan pengembangan aplikasi sesuai kebutuhan user. Terdapat juga forum-forum diskusi untuk memberikan solusi terhadap suatu permasalahan yang ditemukan pada saat pengembangan aplikasi. Pada forum ini terdapat banyak developer dari berbagai negara yang turut serta berkonstribusi.




Sampai sejauh ini, moodle terus dikembangkan hingga versi yang terakhir adalah Moodle 2.2. Beragam fitur baru yang ada pada versi moodle terakhir ini diantaranya yaitu:
1.    Course Chatting
Pada sebuah pelatihan, setiap user baik itu teacher maupun student dapat melakukan komunikasi pembelajaran melalui aplikasi chatting yang telah disediakan moodle ini. Kita dapat mengaktifkan dan menon-aktifkan aplikasi chatting.
2.    Course List
Tampilan list pelatihan sedikit berubah dengan ditambahkannya progress pelatihan yang diikuti user student tersebut dan ditampilkan pula teachers yang bertugas pada pelatihan tersebut untuk memudahkan proses komunikasi pembelajaran.
3.    Navigation Block
Blok Navigation memudahkan user untuk mengakses aplikasi-aplikasi moodle baik aplikasi yang diperuntukkan untuk personal user itu sendiri maupun aplikasi umum.
 
4.    MyMobile Theme
Pada saat aplikasi diakses melalui perangkat mobile maka tampilan aplikasi akan lebih simple dan minimalis sehingga memudahkan pengaksesan. MyMobile Theme merupakan tema aplikasi yang muncul pada browser smartphone user.
5.    Gravatars
Gravatar merupakan global avatar user. Jika user belum mengupload user picture, maka aplikasi akan mencari avatar user sesuai dengan avatar email user.
6.    More Plugins
Plugin atau modul-modul tambahan untuk menambah fungsionalitas dan tampilan tersedia gratis pada web moodle. Diantaranya:
  • BigBlueButton, untuk real-time web conference seperti video conference, sharing slide.
  • Realtime Quiz, memungkinkan quiz face-to-face teacher dan students.
  • Drag and Drop file upload, mengupload file ke Course (Pelatihan) cukup dengan men-drag and drop dari desktop ke aplikasi moodle pada browser.
  • Statistics (Graph Stats), menampilkan graph yang menunjukkan statistik jumlah pengunjung web.
=========================================

Sumber gambar : Emiksan

No comments:

Post a Comment